Pesawat-pesawat Raksasa Tempo Doeloe

Para perancang dan pembangun Pesawat-pesawat Raksasa dibawah ini tentulah sangat terobsesi pada ukuran. Beberapa diantaranya sungguh megah dan indah, namun ada yang bentuknya menggelikan dan ada juga yang akhirnya menjadi tidak ekonomis atau tidak pernah dibangun sama sekali.

  • Dornier Do X, Kapal yang dapat Terbang

Sejarah penerbangan mencatat Dornier Do X buatan Lufthansa, sebuah flying super-boat yang berangkat dari ide pulp-fiksi yaitu kapal laut yang dapat terbang. ‘Kapal’ yang benar-benar terbang ini dibuat di Jerman pada tahun 1929 dan dijuluki Flugschiff. Dengan 14 orang awak dan kapasitas lebih dari 100 penumpang menjadikan ‘kapal’ ini paling kuat dan besar di dunia pada saat itu.

seorang insinyur Jerman sedang mengoperasikan dua belas mesin Flugschiff

  • Tarrant Tabor: Desain Super Aneh yang menjadi Bencana

Ia dijuluki sebagai ‘Furniture Terbang’. Dengan desain sayap dan kurang lazim, peswat ini bahkan tidak dapat bertahan melewati upaya pertamanya terbang. Ukurannya memang besar, tetapi masalah sesungguhnya adalah penempatan mesin: terlalu tinggi di atas sayap, sehingga hidung pesawat tidak mampu mendongak.


Tarrant Tabor, tampak seperti permainan desainer. Raksasa “sayap terbang” dan “mesin dalam sayap”, konsep-konsep dari awal 1940-an.

  • Proyek Transportasi Raksasa dari tahun 1950-an

Saunders-Roe sedang membangun kapal terbang besar setelah perang. Tapi proyek yang diberi nama sementara “Queen Of Saro” ini sungguh tidak lazim pada zamannya. Perahu raksasa terbang yang dijadwalkan untuk jarak London-Sydney ini memiliki LIMA deck, cukup untuk membawa seribu penumpang dengan nyaman, termasuk bar, ruang makan dan lounge elit!


Pesawat raksasa itu harus didukung oleh 24 mesin di dalam sayapnya. Sayap ini cukup bagi para insinyur untuk dapat melaksanakan pemeliharaan sambil berdiri sementara pesawat itu terbang.



  • Brabazon! Lebih besar dari Boeing 747

Bristol Type 167 Brabazon adalah a full-size flying machine yang pernah diingat. Namun pesawat dengan ukuran yang sama dengan Boeing 747, hanya dibangun untuk mengangkut sekitar 100 penumpang dan secara ekonomis dianggap tidak layak.




  • Pesawat Terbang dengan Mesin Piston terbesar yang pernah dibangun

Convair XC-99 pada dasarnya merupakan transportasi militer, tetapi versi penumpang juga dibuat. (Convair Model 37, untuk 204 orang penumpang):




Dengan dua deck dan sebuah elevator untuk memuat dan memindahkan kargo antar deck. Dengan bobot melebihi berat yang sudah dibatasi pada saat itu, pesawat ini dapat menghancurkan landasan pacu pada saat mendarat. XC-99 dikembangkan dari pembom B-36.


Pesawat ini besar dan kuat, sebanding dengan Bristol Brabazon, memiliki penerbangan yang lumayan sukses. Namun Angkatan Udara AS memutuskan bahwa tidak perlu ukuran sebesar itu untuk transportasi jarak jauh pada masanya.

  • Penerbangan Supersonic yang menakjubkan

Kenapa menakjubkan? Well, untuk satu hal, akan menjadi sedikit heran jika Anda tidak melihat ada pesawat supersonik non-militer terbang di atas Amerika Serikat – hanya karena mereka dilarang untuk melakukannya, karena takut booming sonik menghancurkan pinggiran kota damai. setiap pesawat supersonik cukup cantik untuk dilihat. Berikut adalah tabel perbandingan ukuran pesawat supersonik dari Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat.


lihat isi kokpit Concorde: cukup intens, bukan?

Membicarakan Pesawat supersonik militer yang lain, rasanya sulit untuk tidak mencantumkan Blackbird SR-71, salah satu Decepticons tertua dengan kecepatan 10% lebih cepat daripada peluru…. Masih pesawat tercepat yang pernah ada dengan kecepatan 3,5 Mach.


Lihat kokpit ganda itu. Pesawat ini benar-benar memiliki kehadiran hebat … tahun 1960, Lockheed mulai mengembangkan sebuah pesawat yang akan terbang tiga mil lebih tinggi dan lima kali lebih cepat dari pesawat mata-mata – dan masih mampu memotret pelat nomor Anda.

SR-71 juga memegang rekor tertinggi berkelanjutan penerbangan untuk pesawat bertenaga manusia (25.929 m), dan masih memegang rekor kecepatan sejak tahun 1976!. Pesawat itu pensiun dua kali karena biaya operasional yang tinggi, dan surat ditulis untuk Senat AS, yang ditandatangani oleh astronot John Glenn: “Bapak Presiden, penghentian SR-71 adalah kesalahan besar dan dapat menempatkan bangsa kita pada masalah serius dan merugikan dalam hal krisis di masa depan. “

Berikut ini beberapa konsep pesawat yang menarik, terkait dengan pengembangan mesin Blackbird unik. Convair NX-2, misalnya – pada satu waktu bahkan dijadwalkan untuk menjadi yang pertama di Amerika sebagai pesawat bertenaga Atom.


Periksa mesin atom besar di sebelah kiri:

Rusia juga datang dengan konsep radikal beberapa supersonik – ini adalah Proyek RAK-DA, atau Sukhoi T-4MS, strategic heavy bomber dari tahun 1960.

sumber : DarkRoasterBlend

Mobil2 Super Irit Buatan Indonesia yang akan Berlomba di Shell Eco-Marathon Asia 2010







Shell Eco-marathon mulai diselenggarakan sejak tahun 1936 oleh sekelompok peneliti di laboratorium PT Shell untuk mempromosikan penghematan energi dan pengurangan polusi, khususnya di sektor transportasi. Dalam bentuknya yang sekarang, kompetisi ini pertama kali dilaksanakan di Eropa pada tahun 1985, kemudian di Amerika mulai tahun 2007 dan pada tahun 2010 ini Shell memperluas penyelengaraannya ke Asia. Kompetisi akan dilakukan di sirkuit Sepang, Malaysia pada tanggal 8-10 Juli 2010 dan diikuti oleh 112 peserta yang mewakili berbagai universitas dari 12 negara di Asia. Empat Perguruan Tinggi, yaitu ITB, ITS, UI dan UGM akan mewakili Indonesia dalam kompetisi tersebut.
Quote:
Tim UI

Universitas Indonesia mengirimkan 3 tim dalam ajang Shel Eco-Marathom 2010 kali ini, dengan 3 mobilnya yaitu Keris, Pasoepati, dan equator

Spoiler for Keris:





Keris dibuat dengan metode semi-monokok, dimana body dan rangka menjadi satu namun tidak dalam satu kesatuan badan. Berikut spesifikasi Keris:
1. Bodi : semi-monokok
2. Bentuk : stealth
3. Warna : putih dan emas
4. Mesin : Mesin SOHC, 35 cc, 4 tak
5. Material casis : serat kaca
6. Material bodi : serat kaca
7. Jumlah roda : 3 (tiga) roda
8. Berat kosong : 45 kg
9. Tegangan baterai : 12 v
10. Transmisi : Transmisi sepeda
11. Sistem pengreman : Rem cakram sepeda


Spoiler for pasoepati:





Mobil bermesin SOHC, kapasitas 35 cc dengan kompresi empat tak ini merupakan konsep mobil masa depan yang ideal dengan mengedepankan desain modem dan irit bahan bakar yang ramah lingkungan. Mobil itu didesain dengan mengedepankan konsep aerodinamis, streamline, efisien, dan mengutamakan kenyamanan pengendara dengan adanya lc-kukan pada sisi samping mobil yang dapat menimbulkan down force sehingga mobil tidak ada guncangan saat melaju di kecepatan tinggi.


Spoiler for equator:




Equator mengandalkan mesin Suzuki 110 cc dengan kompresi 4 tak dan diproyeksikan dapat menempuh jarak sejauh 300 km dengan satu liter bensin.
spesifikas:
1. Body : monocoque
2. Engine : 100 cc engine, 4 stroke
3. Body material : thin-walled fiber glass
4. Chassis material : steel and alumunium
5. Wheel(s) : finger rim 16”, 4 wheels
6. Style : Sport City Car
7. Color : green color with red equator line
8. Transmission : sprocket chain syste
9. Brakes : 4 disk brake
10. Fuel : gasoline
11. Net weight : 100kg
12. Battery voltage : 12 v
Quote:
Tim ITB

Tim ITB meluncurkan 3 mobilnya yaitu Cikal, pada kategori urban concept, serta HEAVeEXIA dan Rajawali.

Spoiler for Cikal:





Mobil hemat bahan bakar, aerodinamis, dan ringan dengan rangka utama dari alumunium dan body dari carbon fiber. Dengan desain bergaya modern, sesuai dengan kehidupan perkotaan saat ini yang serba praktis, namun tetap detail. CikaL juga mengandung unsur budaya yang kemudian dipadukan selaras menjadi bagian dari mobil ini.

Data Teknis:
Dimensi:
* Panjang: 2,5 m
* Lebar: 1,2 m
* Tinggi: 1,2 m

Berat:
* Kosong: 120 kg
* dengan pengemudi: 190 kg

Jenis Bahan Bakar: Bensin dengan oktan 95 (gasoline 95)
Material yang digunakan:
* Chassis dan rangka utama: aluminium
* Body: carbon fiber


Spoiler for Rajawali:






Kendaraan memakai mesin 35cc dan berbahan bakar bensin dengan oktan 95. Bentuk kendaraan terinspirasi dari bentuk tetesan air yang aerodinamis. Struktur body kendaraan adalah full carbon fibre. Rajawali hanya menggunakan 1 transmisi gigi sehingga tidak ada kehilangan daya akibat perpindahan gigi. Untuk mengatur daya, dipasang injector dan ECU agar konsumsi bahan bakar dapat sehemat mungkin.

Data Teknis:
Dimensi:
* Panjang: 2,7 m
* Lebar: 0,75 m
* Tinggi: 0,75 m

Berat:
* Kosong: 50 kg
* dengan pengemudi : 100 kg

Jenis Bahan Bakar: Bensin dengan oktan 95 (gasoline 95)
Material yang digunakan:
* Chassis dan rangka utama: duralumin
* Body : carbon fiber


Spoiler for heave exia:



HEAVe adalah kendaraan prototip 3 roda dengan 1 penumpang. HEAVe didesain dengan bentuk aerodinamis dan menggunakan struktur ringan. Kategori bahan bakar yang dipilih adalah Ethanol 100% yang rendah emisi. Mesin yang dipakai merupakan modifikasi mesin Kanzen 80cc. Untuk sebagian struktur pembentuk luar digunakan serat bambu.
Data Teknis:

Dimensi:

* Panjang: 3,0 m
* Lebar: 0,8 m
* Tinggi: 0,8 m

Berat:

* Kosong: 48 kg
* dengan pengemudi: 100 kg

Jenis Bahan Bakar: Bensin dengan oktan 95 (gasoline 95)
Material yang digunakan:

* Chassis dan rangka utama: stainless steel
* Body: kombinasi serat carbon, serat kaca dan serat bambu
Quote:
Tim ITS

Tim dari ITS (kampus ane) bakal meluncurkan 2 mobilnya yaitu SapuAngin 1 dan SapuAngin 2 yang katanya hanya menghabiskan 1 liter bensin untuk 1000 km... keren banget gan..

Spoiler for sapu angin 1:










Sapu Angin I is an our vehicle which we want to compete on Prototype Class in Shell Eco Marathon Asia 2010. Sapu Angin means wind sweep. It reflects that our vehicle design is based on advance aerodynamics concepts, lower weight, best materials, and high tech control system to get the most out of fuel consumption to travel.

These are the spesification of Sapu Angin I :

* Body : Monocoque fiber glass
* Engine : 35 CC, 4 stroke OHC (Internal Combustion)
* Fuel System : EFI
* Fuel : Gasoline
* Induction : TCI
*Transmission : Sprocket Chain System
* Steering Syst. : Go-kart Pitman Arm Steering
* Brake : Disk brake
In monocoque structure body, we use stiffners, adopted from fish bone structure. It has high reliability and strongness but low in weight. We use all of special design and materials for this vehicle.


Spoiler for Sapu Angin 2:


ane dapet disainnya gan..


Sapu Angin2 For the vehicle which we will compete to Urban Class in Shell Eco Marathon Asia 2010, we called it Sapu Angin II. And these are the specification of Sapu Angin II :

* Body : Fiber Glass
* Chassis : Aluminium Alloy
* Engine : 90 CC, 4 STROKE OHC (Internal Combustion)
* Fuel System : EFI
* Fuel : Gasoline
* Induction :TCI
* Transmission : Sprocket Chain System
* Steering Syst. : Go-kart Pitman Arm Steering
* Brake : Hydraulik, Disk brake
Quote:
Tim UGM

Tim UGM pada Shell Eco-Marathon Asia kali ini meluncurkan 1 mobilnya yg diberi nama SEMAR (SEMART?)
Spoiler for semar:








Mobil SEMAR memiliki panjang total 2,7 meter, tinggi 0,8 meter, dan lebar 0,88 meter. Bodi kendaraan terbuat dari bahan fiber composite dan berkonsep air foil (tetesan air) untuk mengurangi koefisien hambatan kendaraan. Struktur rangka menggunakan kombinasi plat dan profile almunium yang didesain sedemikian rupa sehingga struktur body tidak lebih dari 25 kg. Mobil ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 45 km/jam.