Mobil2 Super Irit Buatan Indonesia yang akan Berlomba di Shell Eco-Marathon Asia 2010







Shell Eco-marathon mulai diselenggarakan sejak tahun 1936 oleh sekelompok peneliti di laboratorium PT Shell untuk mempromosikan penghematan energi dan pengurangan polusi, khususnya di sektor transportasi. Dalam bentuknya yang sekarang, kompetisi ini pertama kali dilaksanakan di Eropa pada tahun 1985, kemudian di Amerika mulai tahun 2007 dan pada tahun 2010 ini Shell memperluas penyelengaraannya ke Asia. Kompetisi akan dilakukan di sirkuit Sepang, Malaysia pada tanggal 8-10 Juli 2010 dan diikuti oleh 112 peserta yang mewakili berbagai universitas dari 12 negara di Asia. Empat Perguruan Tinggi, yaitu ITB, ITS, UI dan UGM akan mewakili Indonesia dalam kompetisi tersebut.
Quote:
Tim UI

Universitas Indonesia mengirimkan 3 tim dalam ajang Shel Eco-Marathom 2010 kali ini, dengan 3 mobilnya yaitu Keris, Pasoepati, dan equator

Spoiler for Keris:





Keris dibuat dengan metode semi-monokok, dimana body dan rangka menjadi satu namun tidak dalam satu kesatuan badan. Berikut spesifikasi Keris:
1. Bodi : semi-monokok
2. Bentuk : stealth
3. Warna : putih dan emas
4. Mesin : Mesin SOHC, 35 cc, 4 tak
5. Material casis : serat kaca
6. Material bodi : serat kaca
7. Jumlah roda : 3 (tiga) roda
8. Berat kosong : 45 kg
9. Tegangan baterai : 12 v
10. Transmisi : Transmisi sepeda
11. Sistem pengreman : Rem cakram sepeda


Spoiler for pasoepati:





Mobil bermesin SOHC, kapasitas 35 cc dengan kompresi empat tak ini merupakan konsep mobil masa depan yang ideal dengan mengedepankan desain modem dan irit bahan bakar yang ramah lingkungan. Mobil itu didesain dengan mengedepankan konsep aerodinamis, streamline, efisien, dan mengutamakan kenyamanan pengendara dengan adanya lc-kukan pada sisi samping mobil yang dapat menimbulkan down force sehingga mobil tidak ada guncangan saat melaju di kecepatan tinggi.


Spoiler for equator:




Equator mengandalkan mesin Suzuki 110 cc dengan kompresi 4 tak dan diproyeksikan dapat menempuh jarak sejauh 300 km dengan satu liter bensin.
spesifikas:
1. Body : monocoque
2. Engine : 100 cc engine, 4 stroke
3. Body material : thin-walled fiber glass
4. Chassis material : steel and alumunium
5. Wheel(s) : finger rim 16”, 4 wheels
6. Style : Sport City Car
7. Color : green color with red equator line
8. Transmission : sprocket chain syste
9. Brakes : 4 disk brake
10. Fuel : gasoline
11. Net weight : 100kg
12. Battery voltage : 12 v
Quote:
Tim ITB

Tim ITB meluncurkan 3 mobilnya yaitu Cikal, pada kategori urban concept, serta HEAVeEXIA dan Rajawali.

Spoiler for Cikal:





Mobil hemat bahan bakar, aerodinamis, dan ringan dengan rangka utama dari alumunium dan body dari carbon fiber. Dengan desain bergaya modern, sesuai dengan kehidupan perkotaan saat ini yang serba praktis, namun tetap detail. CikaL juga mengandung unsur budaya yang kemudian dipadukan selaras menjadi bagian dari mobil ini.

Data Teknis:
Dimensi:
* Panjang: 2,5 m
* Lebar: 1,2 m
* Tinggi: 1,2 m

Berat:
* Kosong: 120 kg
* dengan pengemudi: 190 kg

Jenis Bahan Bakar: Bensin dengan oktan 95 (gasoline 95)
Material yang digunakan:
* Chassis dan rangka utama: aluminium
* Body: carbon fiber


Spoiler for Rajawali:






Kendaraan memakai mesin 35cc dan berbahan bakar bensin dengan oktan 95. Bentuk kendaraan terinspirasi dari bentuk tetesan air yang aerodinamis. Struktur body kendaraan adalah full carbon fibre. Rajawali hanya menggunakan 1 transmisi gigi sehingga tidak ada kehilangan daya akibat perpindahan gigi. Untuk mengatur daya, dipasang injector dan ECU agar konsumsi bahan bakar dapat sehemat mungkin.

Data Teknis:
Dimensi:
* Panjang: 2,7 m
* Lebar: 0,75 m
* Tinggi: 0,75 m

Berat:
* Kosong: 50 kg
* dengan pengemudi : 100 kg

Jenis Bahan Bakar: Bensin dengan oktan 95 (gasoline 95)
Material yang digunakan:
* Chassis dan rangka utama: duralumin
* Body : carbon fiber


Spoiler for heave exia:



HEAVe adalah kendaraan prototip 3 roda dengan 1 penumpang. HEAVe didesain dengan bentuk aerodinamis dan menggunakan struktur ringan. Kategori bahan bakar yang dipilih adalah Ethanol 100% yang rendah emisi. Mesin yang dipakai merupakan modifikasi mesin Kanzen 80cc. Untuk sebagian struktur pembentuk luar digunakan serat bambu.
Data Teknis:

Dimensi:

* Panjang: 3,0 m
* Lebar: 0,8 m
* Tinggi: 0,8 m

Berat:

* Kosong: 48 kg
* dengan pengemudi: 100 kg

Jenis Bahan Bakar: Bensin dengan oktan 95 (gasoline 95)
Material yang digunakan:

* Chassis dan rangka utama: stainless steel
* Body: kombinasi serat carbon, serat kaca dan serat bambu
Quote:
Tim ITS

Tim dari ITS (kampus ane) bakal meluncurkan 2 mobilnya yaitu SapuAngin 1 dan SapuAngin 2 yang katanya hanya menghabiskan 1 liter bensin untuk 1000 km... keren banget gan..

Spoiler for sapu angin 1:










Sapu Angin I is an our vehicle which we want to compete on Prototype Class in Shell Eco Marathon Asia 2010. Sapu Angin means wind sweep. It reflects that our vehicle design is based on advance aerodynamics concepts, lower weight, best materials, and high tech control system to get the most out of fuel consumption to travel.

These are the spesification of Sapu Angin I :

* Body : Monocoque fiber glass
* Engine : 35 CC, 4 stroke OHC (Internal Combustion)
* Fuel System : EFI
* Fuel : Gasoline
* Induction : TCI
*Transmission : Sprocket Chain System
* Steering Syst. : Go-kart Pitman Arm Steering
* Brake : Disk brake
In monocoque structure body, we use stiffners, adopted from fish bone structure. It has high reliability and strongness but low in weight. We use all of special design and materials for this vehicle.


Spoiler for Sapu Angin 2:


ane dapet disainnya gan..


Sapu Angin2 For the vehicle which we will compete to Urban Class in Shell Eco Marathon Asia 2010, we called it Sapu Angin II. And these are the specification of Sapu Angin II :

* Body : Fiber Glass
* Chassis : Aluminium Alloy
* Engine : 90 CC, 4 STROKE OHC (Internal Combustion)
* Fuel System : EFI
* Fuel : Gasoline
* Induction :TCI
* Transmission : Sprocket Chain System
* Steering Syst. : Go-kart Pitman Arm Steering
* Brake : Hydraulik, Disk brake
Quote:
Tim UGM

Tim UGM pada Shell Eco-Marathon Asia kali ini meluncurkan 1 mobilnya yg diberi nama SEMAR (SEMART?)
Spoiler for semar:








Mobil SEMAR memiliki panjang total 2,7 meter, tinggi 0,8 meter, dan lebar 0,88 meter. Bodi kendaraan terbuat dari bahan fiber composite dan berkonsep air foil (tetesan air) untuk mengurangi koefisien hambatan kendaraan. Struktur rangka menggunakan kombinasi plat dan profile almunium yang didesain sedemikian rupa sehingga struktur body tidak lebih dari 25 kg. Mobil ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 45 km/jam.

0 komentar: